Logo
News

Prinsip 4: Pentingnya Menjaga Berat Badan Ideal

Keseimbangan antara asupan makanan dan aktivitas dapat diukur dengan naik turunnya berat badan. Badan yang sehat dapat dilihat dari kemampuan tubuh untuk mempertahankan berat badan (BB) ideal. Yang dimaksud dengan BB ideal adalah BB yang serasi dengan tinggi badan menurut rumus tertentu, yaitu BB (kg) dibagi dengan TB (m) kuadrat. Hasilnya disesuaikan dengan standar yang telah ditentukan.

Perbandingan antara BB dan TB menurut rumus tersebut dikenal dengan nama Indeks Massa Tubuh (IMT). Adapun BB ideal pada bayi dan balita dapat dikur dengan menimbangnya dan mencatatnya pada Kartu Menuju Sehat (KMS). Bila dua bulan berturut-turut berat badan anak tidak bertambah, maka patut dicurigai ada yang tidak beres pada kesehatan anak. Segera periksakan keadaan anak pada petugas kesehatan.

Memahami dan mempraktikan pola hidup sehat berprinsip gizi seimbang merupakan salah satu upaya mencapai dan mempertahankan BB ideal demi kesehatan dan kebugaran tubuh.

Silakan klik icon di samping untuk melihat pentingnya mempertahankan berat badan ideal yang sesuai dengan kelompok umur anda.

Kembali ke Prinsip 4 - Umum

Kembali ke Beranda Gizi Seimbang

Footer Picture