Logo
News

Prinsip 3: Pentingnya Menjalankan Aktivitas Fisik Bagi Orang Dewasa

Gaya hidup orang dewasa di perkotaan umumnya kurang ber-aktivitas fisik, sehingga memicu kelebihan energi yang berdampak pada kelebihan berat badan. Kebiasaan buruk seperti merokok, mengonsumsi minuman beralkohol, dan kurang tidur akan menambah buruk kondisi tersebut.

Kemudahan teknologi yang menyediakan layanan modern juga turut memanjakan sehingga membuat orang cenderung malas bergerak, seperti adanya remote control, jasa layanan antar, laundry dan sebagainya. Akibat tubuh kurang bergerak dan lemak yang menumpuk, muncul beragam penyakit seperti diabetes, hipertensi, kanker, dan stroke. Untuk menghindarinya, perbanyak lakukan aktivitas yang menyehatkan seperti jalan santai, parkir mobil agak jauh dari lokasi tujuan, dan menggunakan tangga dibanding lift jika memungkinkan.

Pilih olahraga yang disukai seperti bulu tangkis, renang, tenis, bersepeda, fitness dan sebagainya minimal 5 kali seminggu dengan durasi 30-60 menit.

Jika sangat sibuk, jadwal olahraga bisa diselipkan di pagi hari sebelum berangkat ke kantor atau malam hari setelah pulang kantor. Biasakan melakukan peregangan di tempat kerja untuk membantu meluruskan otot tubuh yang kaku akibat berdiam diri atau melakukan sesuatu dalam waktu lama.

Berikut adalah waktu olahraga yang dibutuhkan untuk membakar energi sekitar 100 kkal:

Treadmill cepat 12 menit
Sepeda statis 20 menit
Aerobik 16 menit
Berenang 10 menit
Jalan Santai 60 menit
prinsip3_dewasa

Kembali ke Prinsip 3 - Umum

Kembali ke Beranda Gizi Seimbang

Footer Picture