Logo
News

Prinsip 1: Pentingnya Makan Makanan Yang Beraneka Ragam - Untuk Lansia

prinsip1_lansia

Lansia (lanjut usia) adalah masa dimana seseorang telah memasuki usia diatas 55 tahun. Berbagai perubahan terjadi pada masa transisi dari usia dewasa ke lansia. Perubahan tersebut ditandai dengan menurunnya fungsi berbagai organ dan jaringan tubuh, seperti organ pengindra, organ pencernaan, tulang dan gigi, rambut dan kulit, jantung dan pembuluh darah serta pernapasan.

Semakin bertambah usia seseorang, semakin berkurang kebutuhan gizinya. Umumnya, kebutuhan energi makin berkurang, sedangkan kebutuhan vitamin dan mineralnya lebih banyak. Kebutuhan gizi lansia laki-laki berbeda dengan lansia perempuan. Oleh karena itu kebutuhan gizinya dikelompokkan berdasarkan usia dan jenis kelamin.

Sebagaimana dengan kelompok umur yang lain, lansia tetap dianjurkan mengonsumsi beraneka ragam makanan untuk memenuhi kebutuhannya, dengan memperhatikan hal-hal berikut:

  • Batasi makanan berlemak dan manis serta tepung-tepungan, karena telah terbukti meningkatkan resiko terjadinya berbagai penyakit gangguan metabolik (hiperkolesterol, hipertensi, diabetes, asam urat dan gangguan ginjal). Makanan berlemak yang perlu dibatasi adalah makanan yang mengandung asam lemak jenuh tinggi seperti gajih, jeroan, minyak, makanan yang digoreng, makanan yang dioles mentega dsb. Adapun makanan manis dan tepung-tepungan seperti kue, biskuit dan roti manis, sirup, selai dan mie.
  • Batasi makanan yang meningkatkan kadar asam urat, yakni yang mengandung purin tinggi. Seperti jeroan, ikan laut dan makanan hasil laut, jamur, kacang-kacangan, melinjo, kangkung, bayam dan durian.
  • Perbanyak makan buah dan sayur segar, yang bermanfaat memperlancar BAB dan membantu gerakan usus besar. Serat juga membantu menurunkan kolesterol darah. Dianjurkan makan buah dan sayur masing-masing 2-3 porsi per hari.
  • Minum air putih yang cukup dan aman, yakni 1,5 liter per hari atau setara dengan 5-7 gelas.
  • Batasi garam, maksimal 4 g/hari (satu sdt), serta
  • Pilih makanan dan minuman yang netral. Hindari citarasa makanan dan minuman yang tajam seperti terlalu pedas, asam, manis, gurih, dingin dan panas.

-

Anjuran Pembagian Makanan Sehari Lansia Menurut Kecukupan Energi

prinsip1_lansia_2

*Keterangan:
Nasi 1 porsi = ¾ gls = 100 gr = 175 kkal
Sayur 1 porsi = 1 gls = 100 gr = 25 kkal
Buah 1 porsi = 1-2 bh = 50-190 gr = 50 kkal
Tempe 1 porsi = 2 ptg sdg = 50 gr = 75 kkal
Daging 1 porsi = 1 ptg sdg = 35 gr = 75 kkal
Minyak 1 porsi = 1 sdt = 5 gr = 50 kkal
Gula 1 porsi = 1 sdm = 13 gr = 50 kkal
Susu bubuk tanpa lemak 1 porsi = 4 sdm = 20 gr = 75 kkal

-

Kembali ke Prinsip 1 - Umum

Kembali ke Beranda Gizi Seimbang

Footer Picture