Logo
News

Asian Congress of Nutrition

Seminar Progress of Dietary Guidelines in Asia atau Seminar Perkembangan Pedoman Gizi di Asia telah diselenggarakan sebagai bagian dari Kongres Gizi Asia (Asian Congress of Nutrition (ACN)), pada tanggal 12 Juli 2011 di Singapura. Kegiatan ini diorganisir oleh Danone Institute Indonesia, Jepang dan Cina.

acn

Adapun latar belakang penyelenggaraannya adalah beban ganda masalah gizi (kekurangan gizi dan kelebihan gizi) serta perkembangan ilmu gizi yang mendorong negara-negara di Asia mengkaji kembali pedoman gizi yang ada, sehingga dapat diterapkan dan membawa manfaat bagi masyarakatnya. Hadir sebagai pembicara adalah delapan orang ahli (experts) yang mewakili negara-negara sebagai berikut: Indonesia, Cina, Jepang, Filipina, Singapura, Thailand, Malaysia dan Vietnam. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi sarana untuk saling bertukar informasi dan pengalaman dalam penyusunan dan perkembangan pedoman gizi masing-masing negara.

Seminar dibuka pada pukul 1 siang oleh Presiden Danone Institute Indonesia, Prof. Dr. Soekirman, Cina (Prof. Dr. Junshi Chen), dan perwakilan dari Danone Institute Jepang (Dr. Michio Imawari). Bertindak sebagai MC dan Moderator adalah Ibu Akhir Riyanti dan Dr. Endang L Achadi dari Danone Institute Indonesia.

Sebanyak 211 peserta dari 139 institusi di 18 negara (Cina, Korea, US, UK, Indonesia, Thailand, Filipina, Malaysia, Australia, Sri Lanka, Jepang, Singapura, Perancis, Chekoslovakia, Kanada, Argentina, Jerman, dan Vietnam) menghadiri seminar ini. Beberapa hal yang ditanyakan dalam sesi diskusi adalah kesulitan memenuhi Angka Kecukupan Gizi (AKG) pada anak, menurunkan prevalensi anemia, meningkatkan pemberian ASI, konsumsi susu pada pedoman makanan berbasis diet, aspek pemilihan makanan pada pedoman berbasis diet, serta keefektifan pedoman makanan berbasis diet untuk meningkatkan status gizi di masyarakat.

Kembali ke Events

Footer Picture